Sabtu, 21 Mei 2011

pengabdian mendidik kita untukteguh kawan


Apakah pengabdian itu ?
Pengabdian adalah ketika kita memberikan lebih dari sekedar untuk kebutuhan kita sendiri dengan apa yang kita mampu tanpa bermaksud pamrih kecuali memberi manfaat untuk orang lain dan lingkungannya, agar mendapatkan ridha dari yang Maha Kuasa. Seseorang tidak merasa berjasa karenanya, dia juga tidak meminta pengakuan karenanya. Sesorang melakukannya dengan sukarela..

Bukan berarti ia tidak berbuat untuk dirinya juga, namun ia berbuat lebih .



Pemberdayaan ini memerlukannya. Lihatlah ke masing-masing diri (termasuk saya ke diri saya sendiri ), apakah kita bekerja selama ini hanya untuk sendiri atau juga untuk orang lain dan lingkungan kita secara sukarela. Bukankah Yang terbaik dari Ummat ini adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain, maka ketika misinya masih yang penting untuk diri sendiri (sementara kita wajibkan ada relawan di proyek ini ), bukankah sebaiknya kita mulai merefleksi diri dan berbuat lebih produktif ( bukan justru membuat repot masyarakat.)

Semoga dengan releksi diri ini kita dapat memberikan sesuatu kesadaran dan awal yang baik bahkan terbaik untuk bangsa ini, untuk negara ini, untuk kemanusiaan dan untuk agama masing-masing dan Tuhan.

"Sungguh menarik untuk dicermati bahwa lebah menyimpan madu jauh lebih banyak dari yang sebenarnya mereka butuhkan. Pertanyaan pertama yang muncul pada benak kita adalah: mengapa lebah tidak menghentikan pembuatan dalam jumlah berlebih ini, yang tampaknya hanya membuang-buang waktu dan tenaga? Jawaban untuk pertanyaan ini tersembunyi dalam kata "wahyu [ilham]" yang telah diberikan kepada lebah, ...............................
Lebah menghasilkan madu bukan untuk diri mereka sendiri, melainkan juga untuk manusia. Sebagaimana makhluk lain di alam, lebah juga mengabdikan diri untuk melayani manusia; sama seperti ayam yang bertelur setidaknya sebutir setiap hari kendatipun tidak membutuhkannya dan sapi yang menghasilkan susu jauh melebihi kebutuhan anak-anaknya.

Banyak cara dan strategi untuk dipelajari dari mana saja dan dari siapa saja. Semoga Tuhan mengijinkan dan memberi kekuatan kepada para pelaku pemberdayaan ini untuk melakukan pengabdian. Insya Allah

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar